Program Studi Doktor Teknik Geologi

A. Visi Program Studi Doktor Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta adalah:

"Menjadi lembaga pendidikan dan riset ilmu-teknologi kebumian, berwawasan kebangsaan, bermutu internasional."

 

B. Misi Program Studi Doktor Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta adalah:

  1. Menjadi penyelenggara pendidikan, mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, menuju pendidikan Doktor Teknik Geologi yang berkualitas.
  2. Menghasilkan doktor yang handal, profesional, bertaqwa kepada Tuhan YME, berjiwa kejuangan dan mampu bersaing ditingkat nasional maupun internasional dalam bidang ilmu dan teknologi kegeologian (geological sciences).
  3. Memberikan andil dalam meningkatkan kemajuan pembangunan Indonesia dan peradaban dunia, melalui karya dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi kebumian untuk meingkatkan kesejahteraan bangsa.

 

C. Tujuan Program Studi Doktor Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta adalah:

Memberikan pengetahuan teoritis dan kemampuan praktis di bidang kebumian, sehingga menghasilkan doktor dengan kualifikasi:

  1. Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi.
  2. Mempunyai kemampuan pendekatan perumusan dan pemecahan berbagai masalah di bidang ilmu kebumian dan manajemen sumberdaya kebumian.
  3. Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan khususnya ilmu kebumian dan manajemen, sumberdaya alam.

 

D. Cara Pencapaian Tujuan Program Studi Doktor Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta adalah:
Strategi yang digunakan dalam pencapaian tujuan terdiri dari 3 (tiga) strategi yakni:

  1. Strategi Pengembangan Mahasiswa
    • Memelihara dan mengembangkan relevansi pendidikan dengan kemampuan untuk mempublikasikan hasil penelitiannya.
    • Memfasilitasi pencarian dana penelitian
    • Mengikuti perkembangan IPTEK dan berpartisipasi dalam pertemuan ilmiah.
    • Meningkatkan interaksi akademisi dan praktisi.
  2. Strategi Pengembangan Model Pembelajaran (Learning Style)
    • Meningkatkan keterampilan mengajar (daring maupun luring) dosen agar kegiatan belajar mengajar menjadi lebih interaktif dan potensi dosen menjadi optimal.
    • Mengusahakan agar proses pembelajaran yang efektif sehingga terjamin kesesuaian metode belajar, kesesuaian kerangka acuan dan muatan mata kuliah serta terdapat pemantauan dan evaluasi.
  3. Strategi Sosialisasi
    • Aturan-aturan akademik dan manual prosedur FTM dan Prodi disosialisasikan melalui web site UPNVY dan web site Prodi dengan sasaran stakeholders.
    • Melibatkan organisasi kemahasiswaan dan Unit Kegiatan Mahasiswa.
    • Memasang tulisan misi dan tujuan program studi di tempat-tempat yang mudah di baca, di media-media tertulis, penyampaian pada rapat Prodi, display di ruang administrasi, dan juga dipasang di tempat strategis yang mudah dibaca oleh seluruh civitas akademika, penyebaran brosur dan leaflet melalui mahasiswa dan alumni serta kunjungan langsung ke instansi-instansi terkait.

 

E. Kurikulum Program Studi Doktor Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta adalah:
Kurikulum Prodi DTG UPNVY terdiri dari perkuliahan 8 sks; seminar 12 sks; publikasi 12 SKS, Disertasi dan Promosi 12 sks sehingga total 44 sks. Mata kuliah pilihan disesuaikan dengan bidang khusus yang terkait dengan Disertasi. Masa studi yang diperlukan minimal  dalam kurun waktu 6 semester atau 3 tahun.