Teknik Geologi

A. Visi Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta adalah:

Menjadi Lembaga Pendidikan dan riset Ilmu Teknik Geologi yang strategis, berwawasan kebangsaan dan bermutu internasional dilandasi dengan karakter jiwa belanegara bermutu.

 

B. Misi Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta adalah:

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Mahasiswa Menjadi Mahasiswa yang Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menyelenggarakan Pendidikan Ilmu Teknik Geologi yang mengedepankan mutu dan Menghasilkan Lulusan Sarjana Teknik Geologi Profesional, berdaya saing regional yang dilandasi Jiwa Bela Negara.
  3. Menyelenggarakan Penelitian Yang Dapat Menciptakan Produk-produk Penelitian yang sesuai dengan kemajuan IPTEK, berguna bagi masyarakat dan untuk mendukung pembangunan serta ketahanan energi nasional.
  4. Menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat atas dasar tanggungjawab sosial demi kepentingan masyarakat, berbasis riset dan kearifan lokal.
  5. Menyelenggarakan tata kelola yang baik dan bersih untuk meningkatkan manajerial yang transparan, berkualitas dan berkelanjutan.

 

C. Tujuan Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta adalah:

  1. Menghasilkan Lulusan Sarjana Teknik Geologi yang Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Memiliki Karakter Jiwa Bela Negara yang kuat.
  2. Menghasilkan Lulusan Sarjana Teknik Geologi yang memiliki komitment untuk menyumbangkan Ilmu Pengetahuan Kebumian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menghasilkan Lulusan Sarjana Teknik Geologi yang dapat mengambangkan pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi, dan dapat menyesuaikan diri dengan industri atau bidang kegiatan yang diterjuni.
  4. Menghasilkan Lulusan Sarjana Teknik Geologi yang memiliki sifat kejujuran ilmiah untuk meningkatkan kegiatan perkembangan IPTEK pada Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis Sistem Manajemen Mutu.

 

D. Sasaran
Sasaran program sarjana di Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta yaitu diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki kualifikasi:

  1. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan ketrampilan dalam ilmu geologi, sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam kawasan keahliannya.
  2. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dimilikinya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku, yang sesuai dengan tata kehidupan bersama.
  3. Mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang geologi maupun dalam kehidupan bersama di masyarakat dan berwawasan kebangsaan.
  4. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang merupakan keahliannya baik nasional maupun internasional.

 

E. Prospek Karir
Lulusan Program Studi Teknik Geologi UPN "Veteran” Yogyakarta dikenal ulet dan berdedikasi tinggi, tersebar di seluruh wilayah Indonesia, bahkan beberapa di luar negeri. Baik di instansi swasta asing maupun nasional, lembaga pemerintah maupun non pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga swadaya masyarakat dan lain-lain. Umpan balik dari alumni dan pengguna lulusan dilakukan secara tertulis, melalui email: geologi@upnyk.ac.id atau http://geologi.upnyk.ac.id dan http://blog.iageoupn.com. Sedangkan cara tidak langsung dengan mendatangkan baik para alumni atau pengguna lulusan (kalangan industri/perusahaan), untuk memberi ceramah maupun gambaran dunia kerja bagi lulusan Teknik Geologi.

 

F. Sistem Pembelajaran
Program Studi Teknik Geologi telah menerapkan Sistem Kredit Semester sejak tahun 1980, yang secara konsisten dikaji kemajuan penerapannya. Selain tatap muka di kelas, juga dilakukan praktikum di laboratorium. Terdapat beberapa laboratorium untuk mendukung kegiatan praktikum berupa Lab. Mineralogi, Lab. Geoinderaja, Lab. Geologi Minyak dan Gas Bumi, Lab. Geologi Teknik, Lab. Hidrogeologi, Lab. Geomodeling, Lab. Endapan Mineral, Lab. Petrologi, Lab. Makropaleontologi, Lab. Geologi Struktur, Lab. Ilmu Ukur Tanah, Lab. Mineralogi Optik dan Petrografi, Lab. Geokomputasi dan SIG, Lab. Mikropaleontologi, serta Lab. Sedimentologi.

 

Program Studi Teknik Geologi juga didukung dengan Software berlisensi bagi pemodelan, pemprosesan data dan analisis, yakni: Software Geovecteur untuk Seismic proccessing atas lisensi Elnusa Geosain; Visual Modflow untuk Pemodelan sistem air tanah dan Representasi data hidrokimia; Geotek untuk Analisis mekanika tanah; HCgram untuk Representasi data hidrokimia; Slope stable untuk Analisis kestabilan lereng; Lopatin untuk Analisis kematangan minyakbumi dan Analisis kompresi; Surver 8 untuk Pembuatan peta kontur 2D & 3D; Rockworks '99 untuk Manajemen & analisis data geologi dan Visualisasi data geologi; Mapinfo v.8 untuk Analisis data spatial & non spatial dan Aplikasi SIG; Dips 2.0 untuk Analisis data struktur geologi; Newpet untuk Analisis kimia (anorganik) batuan; Igpet untuk Analisis kimia batuan beku; Gravity untuk Analisis tahanan jenis batuan.

 

G. Video Profil