Acara Evaluasi Pelaksanaan Monev 2022
Kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Monev tahun 2022 di lingkungan UPN “Veteran” Yogyakarta dilaksanakan pada hari Rabu, 29 Juni 2022 bertempat di Hotel Grand Keisha, Yogyakarta. Acara ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada timlak Monev tiap prodi agar lebih memahami prosedur pelaksanaan Monev tiap Prodi. Timlak Monev melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi tiap semester. Timlak berisikan 2 orang di satu prodi yang saling bekerjasama satu sama lain. Di tahun 2021, kegiatan evaluasi pelaksanaan Monev seperti hari ini tidak dilakukan. Pada tahun 2022, SKEP Timlak Monev disahkan dan disiapkan anggota timlak Monev untuk tiap prodi. Setiap tahun diagendakan kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan.
Foto acara evaluasi pelaksanaan monev 2022
Acara dibuka oleh Ibu Dr. Dian Indri Purnamasari, M.Si., dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Selanjutnya, Ibu Dr. Dian Indri Purnamasari, M.Si. juga menjelaskan mengenai tujuan acara hari ini. Kegiatan dilanjutkan oleh sambutan oleh Kepala LP3M, Bapak Partoyo, S.P., M.P., Ph.D. Beliau menyampaikan kiat-kiat dalam menyusun dokumen Monev agar dapat diarsipkan dengan rapi dan dikumpulkan tepat waktu untuk mendukung peningkatan akreditasi Prodi.
Foto acara evaluasi pelaksanaan monev 2022
Selanjutnya, Ibu Dr. Dian Indri Purnamasari, M.Si. menjelaskan mengenai siklus PPEPP dan kiat-kiat dalam penyiapannya. LP3M menghendaki Timlak Monev untuk aktif dan memiliki inisiatif mengundang auditor. Setelah auditor melakukan audit dan menunjukkan temuan, Timlak bersama Ketua Prodi untuk melakukan rapat RTM. Hal-hal yang bisa ditindaklanjuti prodi, ke jurusan atau fakultas, bahkan ke universitas, segera ditindaklanjuti. Bukti berkas-berkas LED dan LKPS diupload di Web Jurusan agar mudah diakses saat kegiatan auditor.
Foto acara evaluasi pelaksanaan monev 2022
Pembicara berikutnya adalah Ibu Dr. Teodora Winda Mulia, CA, CPA yang menjabat sebagai Kepala Kantor Penjaminan Mutu Unika Widya Mandala Surabaya. Beliau menyampaikan presentasi dengan judul “Penjaminan Mutu: Never Ending Journey”. Beliau menyampaikan suka duka beliau dalam kurang lebih 2 tahun mengurus penjaminan mutu di lingkungan Unika Widya Mandala. Beliau menjelaskan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi yang berasal dari SPMI dan SPME/Akreditasi. Beliau juga menjelaskan Budaya Mutu yang wajib dijalankan yang digambarkan oleh Pola Perilaku, Pola Pikir, dan Pola Sikap yang baik. Beliau menyampaikan kesan beliau untuk pengembangan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Pada sesi tanya jawab, Ibu Winda menjawab pertanyaan mengenai mekanisme pekerjaan Timlak Monev dan mekanisme pengurusan akreditasi Internasional yang dapat ditempuh oleh Fakultas dan Universitas. Beliau mengingatkan mengenai pentingnya pengarsipan dokumen yang dibutuhkan dalam Monev.
Foto acara evaluasi pelaksanaan monev 2022
Setelah makan siang, acara dilanjutkan oleh pemaparan materi mengenai teknis kegiatan Monev oleh Ibu Dr. Dian Indri Purnamasari, M.Si. Beliau mengingatkan pentingnya pemetaan dan pengarsipan data yang dibutuhkan pada kegiatan Monev sejak awal semester hingga akhir semester. Data yang dikumpulkan pada awal semester meliputi SKEP Mengajar, Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Rencana Mata Kuliah dan Praktikum. Data yang dikumpulkan pada akhir semester meliputi Berita Acara Kuliah, Berita Acara UTS/UAS, Jadwal UTS/UAS, Daftar Presensi Kehadiran Mahasiswa dan Dosen dalam Perkuliahan, soal ujian yang telah diverifikasi, rekap nilai UTS/UAS di akhir semester, dan Laporan Kinerja Dosen (LKD). Ketua Prodi bertanggung jawab mengajak dan mendorong tiap dosen untuk mengumpulkan kelengkapan data yang disebutkan diatas agar memudahkan dalam pekerjaan Monev, AMAI, bahkan Akreditasi. Sesi berlanjut dengan tanya jawab dari para peserta. Peserta antusias untuk bertanya dan berkonsultasi mengenai kondisi yang dihadapi di masing-masing Prodi. Acara ditutup oleh salah satu perwakilan LP3M UPN “Veteran” Yogyakarta yaitu Bapak Dr. Ir. Mofit Eko Poerwanto, M.P.